Senin, 31 Mei 2021

1.3.a.3 Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak

Gambaran Visi Guru Penggerak sebagai pemenuhan tugas daring pada modul 1.3 sub modul 1.3.a.3 Mulai dari Diri-Visi Guru Penggerak. Oleh Yuliyani CGP 2 Kab.Cianjur.

31 Mei 2021 adalah jadwal kami Calon Guru Penggerak mempelajari modul 1.3 Visi Guru Penggerak dan menyelesaikan tugas modul 1.3.a.3. Dari pertanyaan pengarah saya menginterpretasikan menjadi sebuah gambaran visi seperti diatas. Berikut salinan paragraf petunjuk yang terdapat pada modul 1.3.a.3 di LMS 
Untuk membantu Anda dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid kita, mari kita membuat lukisan”. Lukisan ini bertemakan “Imajiku tentang Muridku di Masa Depan”. Buatlah gambar mengenai murid seperti apa yang Bapak/Ibu dambakan. Gambarkan juga lingkungan pembelajaran yang sesuai untuk murid seperti apa yang Bapak/Ibu cita-citakan. Gambarkan situasi murid, peran guru, juga suasana sekolah sesuai dengan cita-cita Bapak/Ibu. Bebaskan diri untuk ‘melukis’ masa depan sekolah menurut Anda.

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu setelah membuat “lukisan”? Lukisan mengenai mimpi tentang murid di masa depan ini mendatangkan perasaan bahagia dalam diri sebagai guru. Lukisan yang Bapak/Ibu buat sesungguhnya adalah visi yang menggambarkan seperti apa layanan dan lingkungan pembelajaran di masa depan yang akan kita berikan pada murid kita. Ketika kita menggambar visi, maka akan muncul keyakinan dalam diri untuk mewujudkannya. Akhirnya, kita terpacu untuk melakukan peningkatan kualitas diri serta menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah sehingga terjadi upaya perbaikan dan perubahan yang berkesinambungan.

Anda telah memiliki lukisan masa depan mengenai murid Anda. Saat ini, mari merangkai mimpi tersebut dalam bentuk kata-kata yang jelas sebagai sebuah visi. Kalimat rumpang dalam paragraf berikut ini adalah panduan untuk menuliskan visi yang telah Anda gambar. Ini akan membantu Anda dalam menyingkap visi apa yang sebetulnya telah dan perlu terus diyakini demi kebaikan murid-murid. Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang sekolah yang Anda impikan. Sebuah sekolah yang mewujudkan keberpihakan pada murid!

  • Saya memimpikan murid-murid yang ………...: · dapat menjadi pemimpin masa depan dengan memiliki karakter profil pelajar pancasila yang bermanfaat bagi dirinya, lingkungannya serta agama, bangsa dan negara.

  • Sekolah saya percaya bahwa murid adalah ….: ·  aset berharga yang dapat menentukan capaian kemajuan sekolah. Bahwa keberhasilan menumbuhkan karakter peserta didik yang berkarakter pelajar pancasila adalah tujuan utama sekolah mencetak generasi maju.

  • Sekolah saya mengutamakan …………………..: sistem merdeka belajar terhadap peserta didik dan komunitas sekolah, menumbuhkan suasana yang nyaman, aman dan pelayanan yang ramah serta peduli.
  • Murid di sekolah saya sadar betul bahwa ..: menjadi pelajar sepanjang hayat dengan menerapkan karakter profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari hari adalah bentuk ilmu dan ibadah terbaik.
  • Guru di sekolah saya yakin untuk ……………: maju bersama, bergerak menuju perubahan positif menciptakan lingkungan merdeka belajar. 

  • Guru di sekolah saya paham bahwa ………: menggali potensi diri dengan terus belajar, mandiri, kreatif, kolaboratif, inovatif dan berpihak pada murid akan menjadikan pribadi yang berkompetensi dan menjadi teladan bagi peserta didik.

Setelah Anda mencoba mengisi kalimat rumpang di atas, Anda semakin memiliki gambaran yang jelas mengenai mimpi tentang murid dan sekolah di masa depan. Saat ini, rumuskanlah visi Anda dalam bentuk kata-kata yang jelas. Visi ini cukup terdiri dari 1 kalimat pendek. Selanjutnya, fotolah hasil karya (gambar) Anda yang telah dituliskan rumusan visi dalam format JPG dan unggah melalui LMS.

Saya mencoba menuangkan inspirasi yang saya simpulkan dari arahan tersebut dan menjadi gambaran seperti diatas.

#Salam guru penggerak. Guru bergerak, Indonesia Maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar